Langsung ke konten utama

#LifeOfMbakPi (1) Apalah arti sebuah nama

Itu kata Shakespeare

Kalo kata saya ini, nama itu ya ada artinya, Nama itu adalah sesuatu yang penting dalam kehidupan. Coba misalnya kita nggak punya nama, lha orang nanti manggilnya gimana. Mungkin akan dipanggil sesuai ciri fisiknya ya, kayak “hei si gendut/kurus/botak/gondrong/pendek/jangkung”. Wah nggak enak didenger kayaknya ya, apalagi buat yang banyak gelambir macem saya, sakitnya tuh disini qaqaqqqq *sambilnunjuklemak*. nama itu identitas, tanpanya kita tidak bisa dibedakan, antara satu dengan lainnya.

Nah karena nama itu penting, makanya waktu mau punya anak saya bener-bener serius nyari nama buat si jabang bayi. kami dulu punya kesepakatan, kalo anak cowok suami yang kasih nama tapi kalo cewek ya ibunya yang kasih nama. pas dokter bilang si jabang bayi kemungkinan anak cewek, langsung giranglah saya, karena artinya saya yang akan kasih nama. meskipun suami juga disuruh tetep siapin nama cowok sih soalnya USG kan belum 100% pasti, kayak sepupu saya aja pas USG dibilang cewek ternyata keluarnya cowok. Kenyataannya sampe saya lairan, suami nggak setor-setor nama anak cowok, mungkin dia udah feeling kali ya kalo anaknya cewe, atau mungkin dia memang males cari nama, dasarrrrrr!


Sebenernya, jauh sebelum punya anak, saya udah sering sih ngarang-ngarang nama buat calon anak saya. Hehe niat banget nggak sih!sebenernya sih iseng karena kalo abis baca buku, kayaknya nama tokoh nya bagus gitu, cocok buat nama anak, terus disimpen di diary. Lama-lama nama yang disimpen jadi banyak terus malah bingung milihnya. Ada yang dari bahasa sansekerta, rusia, jawa kuno, arab wahhh pokoknya kalo disambungin semua isa kayak ular naga panjangnya bukan kepalang. Dan akhirnya nggak jadi deh ngambil nama anak dari simpenan nama itu.

selain kepanjangan, alesan lain kenapa nama-nama itu nggak dipake adalah, suatu ketika saya pernah baca kalo sebaik-baik nama adalah yang diambil dari Al Quran, karena nama anak adalah doa dari orangtuanya. Jadi nama pertama yang terilham pertama kali adalah Maryam. Di Quran, Maryam atau SIti Maryam digambarkan sebagai hamba Allah yang sangat taat beribadah. Sehari-hari tinggal di tempat peribadatan dan bahkan makanannya saja diantar langsung oleh malaikat. Beliau diasuh oleh nabi dan diberikan kemuliaan oleh Allah dengan dijadikan nama surah dalam Al Quran. Ini tentu saja adalah doa saya untuk anak saya agar nantinya ia dapat menjadi wanita yang mulia dan taat beribadah, amin.

Nama berikutnya, afiqa, saya dapetnya dari hasil browsing internet lah yaw. Sengaja searching nyari nama yang matching alias cucok buat digandengkan dengan nama Maryam, dan juga mudah diucapkan lidah orang endonesia. Kebetulan sregnya dengan nama afiqa, yang asalnya dari bahasa arab juga, artinya cerdas. Kalo nama belakangnya rizqi memang saya ambil dari nama bapaknya, biar kayak marga/family name/binti gitu.

Jadilah nama anak saya akhirnya adalah : Afiqa Maryam Rizqi yang artinya wanita mulia dan cerdas,

semoga doa saya dalam nama ini dikabulkan Allah, aminn 

Komentar

Allisa Yustica Krones mengatakan…
Samaa..aku juga bahkan dari jaman SD dulu udah suka nulis2 nama anak di diary..hahahaha...gak ada kerjaan banget yaaa anak SD mikirin nama buat anaknya :D :D
Bunda Kanaya mengatakan…
iya setuju banget setiap nama adalah doa, makanya pemberian nama ke anak pun harus sungguh sungguh yaa
Lidya Fitrian mengatakan…
pasti sudah dipkirkan arti dari nama ya supaya menjadi yg terbaik
Anonim mengatakan…
Why visitors still use to read news papers when in this technological world all is available on net?

Postingan populer dari blog ini

Setahun kemarin

Diujung jalan itu Setahun kemarin, Kuteringat, Kumenunggumu Bidadari belahan jiwaku Mei 2015 Udah cuti hampir 2 minggu di 38w kehamilan, tapi jabang bayi tak kunjung menampakkan tanda-tanda mau brojol. Inilah saya, si ibu hamil yang penampakannya udah kayak dugong tiap hari jalan hampir sekilo, jongkok-jongkok di kamar mandi, ngepel kayak inem demi mendapatkan kontraksi dan bukaan tapi apa daya, hasilnya nol kosong. Tiap ke dokter kandungan selalu dirogoh dan katanya :  “belum masuk panggul bu bayinya, tulang panggul ibu sempit nih”.  Hehh whatttt, pinggul segini gedenya kok bisa tulang panggulnya sempit, hufttt sungguh tidak matchingggg. Time is ticking dan bumil yang belum berpengalaman ini sungguh panik karena sampe 41w, jabang bayi masih belum masuk panggul. Sementara udah ada kayak pipis-pipis rembes dan dicek kontraksi udah 10 menit sekali. Dan yang paling bikin ngga tahan adalah bolak balik dicek dalem karena bidan, dokter mau mastiin udah masuk pang

banggalah dengan budaya sendiri

abis baca postingan mbak ira di sini tentang tarian tradisional, tiba tiba aja kepikiran untuk membuat posting tentang kebudayaan daerah. saya sendiri lahir dan besar di semarang,jawa tengah meskipun orangtua saya dari jawa timur..jadi dari kecil saya tahunya kebudayaan jawa tengah deh. sebetulnya saya bukan berasal dari keluarga seni dan budaya. tidak ada satupun dari keluarga saya yang berkecimpung di dunia seni dan saya juga tidak secara langsung menggumuli terjun di dunia seni dan budaya daerah ini.

ini mungkin yang dinamakan jodoh

hihihiii tiba tiba aja kepikiran buat nulis tentang cerita kami, saya dan oki suami saya. bagaimana kami saling tau, kenal, bertemu dan akhirnya kawin menikah. ceritanya lucu lo (promosi) dan kalau dipikir pikir sekarang...kok bisa ya..aneh ya..padahal kan dulu begitu ya..bagaimana mungkin tuh..yahh kalau kata orang sih namanya juga jodoh heheuu..