Langsung ke konten utama

Lima barang perbayian ter-idola

Hahaha judulnya nggak banget ya. Habis bingung, mau dijudulin apa biar nggak terlalu resmi kayak blog-blog bunda mutiara yang bertebaran diluar sana.

Jadi gini, sejak jadi ibu baru, yang manalah itu rasanya kayak alice yang kesasar di wonderland, saya merasa ada banyak hal baru yang dirasakan di dunia perbayian ini. Dan dulu jaman pika masih bayek saya juga isinya tiap detik, menit isinya browsing terus. dan merasa sangat terbantu dengan sharingnya ibu-ibu lain di dunia maya. Dan karena pengen berbagi pengalaman, juga barangkali ada yang membutuhkan info tentang perbayian, menurut saya inilah 5 barang paling penting dimiliki oleh seorang ibu baru :


1. Pompa ASI

Yess, pompa ASI lah yaw, terutama untuk ibu bekerja buat stok ASI. Asumsi saya sih semua ibu pasti pengen kasih ASI untuk anaknya kecuali kasus-kasus khusus dimana ASI ibu nggak keluar/keluar sedikit banget sampe ngga bisa dipompa, yaa memang nggak akan membutuhkan pompa ASI ya. Eh tapi sebenernya pompa ASI bisa juga untuk memacu keluarnya ASI, soalnya ada teman saya yang ASInya keluar cuma 10 mL, setelah dipompa terus menerus lama-lama bisa banyak keluar ASI nya.

Selain ibu bekerja, ibu yang nggak bekerja pun perlu lah pompa ASI untuk stok ASIP barangkali mau nitipin anak ke mertua karena ada keperluan, atau kalau malem biar bisa gantian begadang sama bapaknya, jadi biar bapaknya yang bangun dan ngasih ASIP kan enak bisa gantian, hehe. Ada juga temen saya yang mompa ASI biar PD nya nggak bengkak karena jumlah ASI nya yang boanyak sampe bikin basah baju, kalau anaknya udah cukup minum ASInya mungkin bisa dipertimbangkan untuk didonorkan saja kelebihan ASI itu.

Pompa ASI ini tentu saja harus dilengkapi botol/kantong untuk menampung ASIP nya ya, jangan kayak ibu saya yang dulu pompa ASI karena PD nya bengkak dan terus dibuang hedehhh maklum aja taun 80 an pengetahuan tentang ASIP kayaknya masih minim.

Pompa ASI ada manual dan elektrik, silahkan dipilih sesuai kebutuhan. Untuk yang sering-sering mompa memang lebih enak yang elektrik apalagi yang double pump. Tinggal tancep corong, cantelin ke bra, pencet tombol, udah deh tangan bebas bisa sambil main hape atau nonton TV tau-tau udah penuh aja dapet sebotol. Tapi memang sedotan pompa elektrik nggak sekenceng sedotan pompa manual (menurut saya) jadi kalau mau dapet pompaan banyak dalam waktu cepat ya pilihannya memang pompa manual.

Merk pompa ASI juga sekarang ada boanyak banget sampe kadang bingung juga sih milih yang bagus apa, kalau saya punya pompa manual dan elektrik. Awalnya pakai yang manual, merk p*geon tapi terus tangannya pegel jadi minta dibeliin suami yang elektrik. Dibeliinlah yang double pump merk m*dela, wah enak banget ya nggak pegel tapi kok dapet ASI nya lama ya dibandingin manual. Yah gitulah semua pasti ada plus minusnya tinggal sesuaikan dengan kebutuhan kita.

    2. Sterilizer

Seperti kita semua tahu, bayi baru lahir belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Makanya semua peralatan makan & minumnya harus disteril dulu. Jaman dulu, peralatan bayi biasanya disteril dengan cara direbus atau disiram dengan air mendidih. 

Nah kalau jaman sekarang sih sudah ada peralatan yang khusus mensteril peralatan bayi yang namanya sterilizer. berhubung peralatan makan & minum bayi itu kan banyak ya, jadi menurut saya pilihlah sterilizer yang kapasitasnya besar jadi bisa menampung semua peralatan bayi, dan sterilnya juga bisa sekali aja nggak perlu berkali-kali, jadi bisa hemat listrik hehe. Saya pakai sterilizer merk p*n*sonic yang sebenernya sih bukan alat khusus sterilizer tapi dish dryer. Berhubung banyak banget review positif dari produk ini saya ngikut aja beli dan emang berguna banget karena semua peralatan bisa muat masuk kesini, nyteril nya cukup sehari sekali, praktis kan.
    
    3. Entertainment

Yess, entertainment buat ibunya. I believe that a happy mom will raise a happy kid. Sekarang gini deh, yang namanya bayi baru lahir itu setiap detik pasti nemplok ibunya terus. si ibu jadi kayak nggak punya waktu untuk dirinya sendiri. Makanya si ibu harus dibahagiain saat ngurus anaknya, caranya? Bisa dengan ngasih kuota internet ke hape ibu jadi ibu bisa sambil browsing atau yutuban saat nyusuin anak, bisa dengan download/pinjem dvd film favorit ibu jadi si ibu bisa nonton sambil gendong-gendong bayi, atau bisa juga dengan cara beliin ibu makanan kesukaannya. pokoknya gimana caranya biar mood ibu seneng terus dan nggak baby blues. Penting!

Ini nih penyebab saya kemaren baby blues, karena begadang malem-malem sendirian dan di kamar ngga ada tv atau alat entertain lainnya. hape sengaja saya jauhkan dari bayi karena takut radiasinya jadilah saya manyun ajaa bete karena harus nyusuin sejam dan ngga ngapa-ngapain. Jadilah nggak enjoy saat harus begadang dan menyusui bayi. Belum lagi pantangan nggak boleh makan sambal karena takut ASI nya nanti bikin mencret kata para tetua di keluarga saya. Jadilah makan nggak terlalu selera. Padahal dokter aja bilang nggak ada pantangan makanan, pokoknya ya kalau besok saya punya anak lagi, saya mau pasang tv kabel jadi bisa nonton HBO dan makan sambel sepuasnya, hahaha.

4. Alat bantu gendong

Bayi baru lahir punya kebutuhan untuk dipeluk/dekat dengan jantung ibunya. Ini karena selama 9 bulan dia berada di Rahim ibu yang bentuknya kantong dan satu-satunya suara yang dia dengar adalah detak jantung ibunya. Itu sebabnya kalau bayi nangis, satu-satunya cara mendiamkannya adalah dengan menggendong. Tapi ya tapiiii, lama lama kan pegel juga mamihhh, makanya enak juga punya bayi di jaman serba modern dimana banyak alat bantu buat gendong. Tinggal sebut aja, ada bouncer, rocker, swinger, baby chair, you name it lahh.

Meskipun pengalaman saya sih pika tetep lama kelamaan bosen juga didudukin di kursi goyangnya, kebetulan suami saya beliin nun* leaf. Akhirnya balik lagi ke gendongan jarik/kain. Untungnya lagi jaman sekarang gendongan juga ada macem-macem, bisa gendongan otomatis yang tinggal tarik, ada gendongan model kanguru/ransel atau model wrap, silahkan dipilih deh, yang penting minimal punya satu biar tangan nggak letoy karena gendong berjam-jam.

Oya kalo yang hobi jalan-jalan, stroller juga wajib punya. Kalau saya karena pika bayi nggak terlalu suka di stroller jadilah stroller kado dari temen cuma jadi pajangan aja dirumah nggak pernah dipakek, hiks.

    5. Penghilang rasa pegel

last but not least, ibu baru pasti merasakan yang namanya : PEGEL malihhh. Gendong bayi 3 kg sejam kan lumajan juga yaaa otot tangan, punggung, pinggangnya. Makanya menurut saya barang yang wajib dipunyai ibu baru adalah : koyo, salep, parem dan lain lain yang bisa digunakan untuk meredakan rasa pegel. Kalau yang biasa manggil mbok pijet boleh juga sih, alat pijet elektrik juga boleh dipakek kalo punya. Saya sendiri selalu kemana-mana bawa s*lonpas gel jadi sebelum tidur tinggal oles, bangun tidur sudah nggak kerasa pegelnya. Ajaibbb




intinya sih, sebagai ibu baru tentu bukan hal yang mudah buat seorang perempuan untuk menjalaninya, meskipun setelah dijalani lama-lama juga nggak susah juga sih. Yang terpenting adalah ibu hatinya selalu senang jadi mengurus anaknya juga bisa lebih optimal. Semoga info dari saya ini bisa membantu untuk yang baru mau jadi ibu atau mungkin bisa membuat ibu-ibu yang lain jadi punya niat untuk punya bayi lagi?? *eh* :D :D :D



Komentar

Allisa Yustica Krones mengatakan…
Kalo aku sampe udah punya 2 anak, ngesteril peralatannya masih teteeepp pake dengan cara direbus. Sterilizer nganggur dalam lemari :D :D
mbak_tiyak mengatakan…
Wah masak sih lis, aku nggak telaten kalo ngrebus satu2 hehe

Postingan populer dari blog ini

Setahun kemarin

Diujung jalan itu Setahun kemarin, Kuteringat, Kumenunggumu Bidadari belahan jiwaku Mei 2015 Udah cuti hampir 2 minggu di 38w kehamilan, tapi jabang bayi tak kunjung menampakkan tanda-tanda mau brojol. Inilah saya, si ibu hamil yang penampakannya udah kayak dugong tiap hari jalan hampir sekilo, jongkok-jongkok di kamar mandi, ngepel kayak inem demi mendapatkan kontraksi dan bukaan tapi apa daya, hasilnya nol kosong. Tiap ke dokter kandungan selalu dirogoh dan katanya :  “belum masuk panggul bu bayinya, tulang panggul ibu sempit nih”.  Hehh whatttt, pinggul segini gedenya kok bisa tulang panggulnya sempit, hufttt sungguh tidak matchingggg. Time is ticking dan bumil yang belum berpengalaman ini sungguh panik karena sampe 41w, jabang bayi masih belum masuk panggul. Sementara udah ada kayak pipis-pipis rembes dan dicek kontraksi udah 10 menit sekali. Dan yang paling bikin ngga tahan adalah bolak balik dicek dalem karena bidan, dokter mau mastiin udah masuk pang

banggalah dengan budaya sendiri

abis baca postingan mbak ira di sini tentang tarian tradisional, tiba tiba aja kepikiran untuk membuat posting tentang kebudayaan daerah. saya sendiri lahir dan besar di semarang,jawa tengah meskipun orangtua saya dari jawa timur..jadi dari kecil saya tahunya kebudayaan jawa tengah deh. sebetulnya saya bukan berasal dari keluarga seni dan budaya. tidak ada satupun dari keluarga saya yang berkecimpung di dunia seni dan saya juga tidak secara langsung menggumuli terjun di dunia seni dan budaya daerah ini.

ini mungkin yang dinamakan jodoh

hihihiii tiba tiba aja kepikiran buat nulis tentang cerita kami, saya dan oki suami saya. bagaimana kami saling tau, kenal, bertemu dan akhirnya kawin menikah. ceritanya lucu lo (promosi) dan kalau dipikir pikir sekarang...kok bisa ya..aneh ya..padahal kan dulu begitu ya..bagaimana mungkin tuh..yahh kalau kata orang sih namanya juga jodoh heheuu..