Langsung ke konten utama

My routine skincare

Berhubung hastag #menujukinclong2016 kayaknya lagi happening banget di dunia per-maya-an jadilah latah pengen bikin postingan skincare juga. Hihihi. Padahal yang kenal saya di kehidupan nyata pasti nggak bakal nyangka deh saya yang dekil berpenampilan asal-asalan ini bisa bikin postingan kayak gini.

Semua bermula dari pas hamil #afiqamaryam (akhir 2014), waktu itu hormon lagi nggak stabil dan bikin kulit muka ajegile bener deh. kusem, kering, jerawatan, pokoknya jelek banget. Harus diakui berbie itu adalah kulit terjelek saya, ever. Sejak itulah rajin browsing masalah skincare dan ternyata oh ternyata baru nyadar kalo selama ini saya tuh sudah mengabaikan banget sama masalah kesehatan kulit. Jadi dulu saya itu ngga pernah rutin deh kayaknya bersihin muka, padahal kan bersihin muka itu penting banget. Belum lagi make sunblock juga ngga pernah, pakek pelembab juga kalo inget doank, ealahhh parah banget kan kan kan kan???

Nahh sejak itulah saya bertobat dan bertekad pengen kembali ke jalan yang benar *apeu*. Pengen merawat kulit muka yang terus jadi berimbas ke perawatan kulit bibir, tangan, kaki dan yang lain2 deh. Alhamdulillah sih sejak rajin dirawat kulit muka jadi agak lumayan, begitupun juga kulit-kulit yang lain.

Okay, back to topic skincare rutin ala saya, sebenernya sama sekali nggak ribet. Karena apa? Karena kasian kulit muka kalo terlalu banyak terpapar bahan kimia. Semua skincare itukan mengandung bahan kimia meskipun semua mengklaim bebas ono bebas itu tapi kan di ingredientnya pasti tertulis bahan kimia kabeh! Dan ya, sebagai konsumen kita harus pintar-pintar memilih mana skincare yang ngga terlalu banyak mengandung bahan kimia. Sekarang yang lagi tren kan skincare ala korea yang step2nya banyak banget ya, tapi saya sih ngga ngikutin karena ya balik lagi, ngga mau terlalu banyak terpapar zat kimia.

Untuk menentukan jenis skincare, ada baiknya kita mengetahui dulu jenis kulit kita. Termasuk kering, normal atau berminyak. Kulit saya sih tergolong kering, jadi problemnya kulit terasa kering *yaiyalah*, noda hitam dan komedo.

Step skincare saya : cleanse-exfoliate-moisturize
Eh, ini sih step skincare yang standar ya, kalo korea punya bisa 12 tahap, kayak gini :


 Weww liatnya aja pusiyang

Kita mulai aja ya, step pertama :

CLEANSE

Beberapa orang pakai make up remover sebelum face wash untuk langkah ini, tapi saya sih berhubung nggak pernah pakai make up yang gimana-gimana gitu paling cuma bedak sama lipstick aja, jadilah langsung cuci muka aja pakek face wash.

So far, ada 2 produk face wash yang saya pakek :

Hada Labo Gokujyun Face Wash



Pakai Face wash ini karena terpikat slogan hada labo yang free paraben dll dan pabrikannya rohto. Merk yang banyak dipakai sama produk farmasi, berharap minimal farmasi grade dan aman dipakai buat kulit. Review setelah pemakaian sih ya nggak jauh beda sama produk face wash yang lain, alias standard. Saya sih nggak repot kalo face wash ya, asal nggak bikin licin dan perih di mukak, hayoh lah. 


So far saya udah pernah nyobain berbagai merk face wash kayak loreal, the body shop, clean and clear, ponds, hasilnya di mukak saya sih hampir-hampir sama kecuali the body shop yang terlalu lembab dan licin. Alesan pilih seri gokyujun biar bisa bikin lembab kulit saya yang emang kering kayak krupuk, kriukk.

Himalaya Herbal Daily Exfoliating Face Wash


Pertama liat produk ini di indogrosir pas belanja bulanan, kebetulan sabun cuci muka saya emang lagi abis dan di rak kosmetik ngga ada hada labo ya udah deh ambil 1 biji himalaya herbal ini buat dicoba. Alhamdulillah ternyata enak banget pakek sabun muka ini, terutama karena ada beads nya, lumayan buat ngilangin komedo. sekarang malah lebih sering pakai sabun muka yang ini dibanding hada labonya, ganti-gantian aja sih pakainya sesuai suasana hati *halah*.


EXFOLIATE

Alias toner. Jadi cuci muka aja tuh kurang membersihkan muka kita saudara-saudara. Langkah ini nih yang dulu suka saya skip karena MLZ hehehe. manfaat dari pemakaian toner yaitu agar pori-pori muka kita bisa terbuka dan penyerapan essence dan serum bisa lebih sempurna.
Toner yang saya pakai :

SK-II Facial Clear Lotion


Beli toner ini sepaket sama FTE dan maskernya *dibahas dibawah*. hasilnya sih lumayan di muka saya karena yaaa... ada harga ada rupa lah yaw, namapun juga SK-II yang tersohor jadi udah pasti ok hasilnya. Setelah pemakaian muka terasa segar, ngga perih, ngga licin, dan kotoran yang terangkat juga banyak.


SK-II Facial Treatment Essence
Produk yang merupakan holy grail se holy-holynya deh dari semua review beauty blog yang pernah saya baca. Produk sejuta umat yang Alhamdulillah cocok juga buat saya dan lumayan berjasa juga waktu memperbaiki kulit muka yang acak adul waktu hamil dulu . Fungsi Essence adalah untuk memaksimalkan kerja serum/cream yang digunakan setelah langkah ini.

MOISTURIZE

Udah jelas ya kulit saya yang kering tentu lah perlu dilembabkan atau dihidrasi. Saya dari dulu terbiasa pakai 2 pelembab karena kulit saya yang super duper kering kayak krupuk ini. Kalo Cuma pakai 1 pelembab ya wassalam, di siang hari bisa bersisik dan ngelupas ngeri banget. 
produk pelembab yang biasa saya pakai :

Hada labo ultimate whitening cream



Yang atas krim pagi dan yang bawah krim malam. Khasiat 2 krim ini sama sih untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan noda hitam, masalah pokok pada kulit saya. Hasilnya gimana? Lumayan setelah 2 bulan pakai krim ini noda hitam mulai memudar tapi kalau mencerahkan sih nggak juga karena perasaan warna kulit saya ya gini- gini aja, mungkin emang udah mentok segini aja warnanya hahaha namanya juga orang jawa *nasib*.


Skin Aqua UV moisture gel


Biasanya saya pakai sunscreen yang spf 50, tapi karena kemaren nyari lagi di hypermart nggak ada akhirnya beralih ke spf 20 *jauh amat*. Baca-baca sih spf 20 juga udah cukup kok buat melindungi kulit apalagi kan saya juga kerjanya di kantor aja. Saya pakai skin aqua ini udah hampir setaunan dan hasilnya bagus sih, karena ada moisture nya jadi enak bisa sekalian pelembab+sunscreen. Teksturnya juga ringan jadi nggak lengket. Melindungi muka dengan sunscreen penting banget lah apalagi kita hidup di Negara tropis yang mataharinya ada 20 *lebay*, selain biar nggak tambah item juga mencegah terpapar sinar matahari secara langsung yang katanya sih bisa bikin kanker kulit *naudzubillah*.

Udah sih, itu aja skin care saya yang kalo dipikir-pikir Cuma 5 langkah *dari rumah*. Kalo malem lebih simple lagi Cuma face wash-toner-krim malam. Alhamdulillah kulit muka sih nggak drastis berubahnya amat cuman yaaa namanya juga usaha ndro, bolehlah ya ngarep lebih kinclong lagi di 2016 ini.

Sekian dan terima lemper :D


semua gambar diambil dari google

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Setahun kemarin

Diujung jalan itu Setahun kemarin, Kuteringat, Kumenunggumu Bidadari belahan jiwaku Mei 2015 Udah cuti hampir 2 minggu di 38w kehamilan, tapi jabang bayi tak kunjung menampakkan tanda-tanda mau brojol. Inilah saya, si ibu hamil yang penampakannya udah kayak dugong tiap hari jalan hampir sekilo, jongkok-jongkok di kamar mandi, ngepel kayak inem demi mendapatkan kontraksi dan bukaan tapi apa daya, hasilnya nol kosong. Tiap ke dokter kandungan selalu dirogoh dan katanya :  “belum masuk panggul bu bayinya, tulang panggul ibu sempit nih”.  Hehh whatttt, pinggul segini gedenya kok bisa tulang panggulnya sempit, hufttt sungguh tidak matchingggg. Time is ticking dan bumil yang belum berpengalaman ini sungguh panik karena sampe 41w, jabang bayi masih belum masuk panggul. Sementara udah ada kayak pipis-pipis rembes dan dicek kontraksi udah 10 menit sekali. Dan yang paling bikin ngga tahan adalah bolak balik dicek dalem karena bidan, dokter mau mastiin udah masuk pang

banggalah dengan budaya sendiri

abis baca postingan mbak ira di sini tentang tarian tradisional, tiba tiba aja kepikiran untuk membuat posting tentang kebudayaan daerah. saya sendiri lahir dan besar di semarang,jawa tengah meskipun orangtua saya dari jawa timur..jadi dari kecil saya tahunya kebudayaan jawa tengah deh. sebetulnya saya bukan berasal dari keluarga seni dan budaya. tidak ada satupun dari keluarga saya yang berkecimpung di dunia seni dan saya juga tidak secara langsung menggumuli terjun di dunia seni dan budaya daerah ini.

ini mungkin yang dinamakan jodoh

hihihiii tiba tiba aja kepikiran buat nulis tentang cerita kami, saya dan oki suami saya. bagaimana kami saling tau, kenal, bertemu dan akhirnya kawin menikah. ceritanya lucu lo (promosi) dan kalau dipikir pikir sekarang...kok bisa ya..aneh ya..padahal kan dulu begitu ya..bagaimana mungkin tuh..yahh kalau kata orang sih namanya juga jodoh heheuu..