Senin, 02 Januari 2012

masa masa paling indah

hell yeah, udah 2012 aja nihh, selamat taun baruu ya teman temin, harapannya gak muluk2 sih di tahun ini semoga semuanya menjadi lebih baik aja deh dibanding tahun-tahun kemaren, aminn

adalah sebuah hal yang klise ketika orang bertanya pada kita, masa2 apa yang paling membahagiakan buat anda? 
si pencipta lagu nostalgia SMA mungkin akan menjawab sambil bernyanyi :

masa masa paling indah, 
masa masa di sekolah, 
tiada kisah paling indah, kisah kasih di sekolah

yang lagu itu kurang lebih menceritakan masa-masa paling indah baginya adalah ketika di SMA. tapi kalau buat saya sih jawabannya akan berbeda karna masa paling indah adalah jaman saya SD. kenapa begitu? well, jawabannya banyaaaakkk. dan pas banget si enno ngasih saya pe er kenangan jaman SD, maka baiklahhhh terpaksa saya bongkarlah kotak pandora tentang masa-masa itu dulu.


here we go

sekilas info (redaksionalnya persis tulisane si enno lho ini #dasar engga kreatip)

saya di tahun 1989 masuk SD kartini 01 semarang. alamatnya di Jl. dr. cipto no (lupa) semarang pokoknya lokasinya di jalan itu lah kalo tanya orang pasti pada tau juga kok hehe #ngapainn juga nyariin beneran yakk.


udah googling tapi engga nemu poto sekolahnya, adanya cuman poto badge nya

saya masuk SD waktu umur masih 5 tahun, bisa dibilang kecepetan ya itu soalnya memang masuk TKnya juga kecepetan, umur 3 tahun. gara-garanya tetangga-tetangga di rumah lebih tua dari saya. jadinya ketika tetangga-tetangga temen main udah pada sekolah TK dan SD, saya jadi engga ada temen main lagi di rumah dan akhirnya mintak sekolah juga xixixixiii. 
waktu kecil, kami tinggal di perumahan yang mayoritas tetangga nya banyak yang chinese jadi mereka sekolahnya di SD swasta yang tergolong maju dan lokasinya di pusat kota. terus, karena perumahan kami di pinggiran kota, jadinya anak-anak itu ikut antar jemput. nahh demi kepraktisan dan demi masa depan anaknya, ibu saya berniat mengikutkan saya ke antar jemput itu juga dan ikut ikut an masukin ke SD yang lumayan maju juga, jadi dipilihlah sekolah SD kartini ini karena lokasinya dekat dengan sekolah tetangga-tetangga saya itu juga.

meskipun SD negeri tapi SD saya waktu itu tergolong sekolah dasar yang sudah maju, dalam arti lulusannya banyak yang diterima di SMP favorite. trus ekstra kurikulernya juga sudah banyak dan sering menang kejuaraan. nahh itu kan SDnya yang keren, kalo saya nya gimana?? wkwkwk mayoritas anak perempuan waktu SD kan pada pinter-pinter dan rajin-rajin ya, kalo saya, jauuuuhhhh. 
waktu SD kelas 1 ibu saya hampir berfikiran untuk menunda sekolah saya setahun lagi, karena apaa, karena nilai saya jelek-jelek wkwkwk. waktu konsultasi dengan ibu wali kelas 1, ibu guru itu menjelaskan kalau sebenarnya jawaban tes saya itu benar semua tapi guru saya itu ragu soalnya saya terlalu banyak tengak tengok di kelas jadi dikirain saya nyontek krkrkrkrkrrrr jadi dikasihlah nilai jelek. aseli lahh ibu saya sampai heran masak anak kelas 1 SD udah hobi nyontek #doengg. belum lagi ibu saya sering dilaporin guru saya kalau tiap di kelas kerjaan saya berantem sama anak cowok dan kadang-kadang sama anak cewek juga #udah nyolot dari kecil. pleus sering banget dihukum karna enggak pernah bikin pe er  wakwwaaawwwakwaaawww. saya masih ingeeettt banget dulu guru saya SD sering bilang begini : "kowe kuwi anak wedhok kok kesed e puoll (kamu itu anak perempuan kok pemalas banget)"
dan bukannya kapok dan takut kalo dimarahin guru, mata saya malah melotot-melotot ke ibu guru itu. nyahahahahaahahahhhh gilooo gilooo kelakuan saya waktu SD. 

 
saya, yang dibawah ibu guru persis, yaaa benaaar yang kiyut rambutnya panjang ituloh :D
tapi meskipun parah dan pethakilan banget waktu SD, saya selalu merasa masa SD adalah masa yang paling indah karena paling engga ada beban, bayanginlahh waktu SD itu kerjaannya maiiiinnn aja #pleus berantem ding. ibu saya karena merasa saya terlalu muda untuk sekolah, engga pernah membebani saya dengan nilai harus bagus, apalagi harus rangking satu, engga pernah dehh nyuruh-nyuruh. bayanginlahh waktu SD saya itu engga pernah bikin pe er, dihukum guru enggak masyalaaaahh kok malah enak bisa keluar kelas wakakakakakkk. 

meskipun nggak pernah belajar & bikin pe er alhamdulillah nilai saya engga parah-parah amat, waktu SD ngga pernah tinggal kelas alhamdulillah. rangking juga selalu sepuluh besar, ehh lima besar malahan. ajaibbb kan, kalo kata saya sih, 'i'm not weird, just limited edition' xixixii. sebenernya nihh meskipun ibu saya cuek kalau masalah nilai pelajaran, tapi beliau selalu ngajarin saya mati-matian untuk mata pelajaran matematika. sejak kelas 1 SD saya udah disuruh menghafal perkalian, kelas 3 SD saya udah hafal semua perkalian & pembagian 1 - 10. ibu saya selalu bilang, pelajaran paling sulit itu matematika, jadi kalau saya sudah bisa matematika, pelajaran lain pasti bisa. jadi dari kecil, otak saya udah dibiasain menghitung. dan terbukti sampai sekarang, saya lebih cocok dengan hitungan daripada hafalan.
eh eh ini kok sekilas info jadi panjaaaaang mak ini yaa, baiklah kita lanjutken ke bab yang lain 
1. guru favorit
guru wali kelas saya kelas 3 namanya pak sugiyo, beliau ini guru ekstrakurikuler karawitan. beliau orangnya sabaar ngajarin kami memainkan alat musik karawitan. bayanginlahh kami se tim sekitar 10 orang lebih, mana bandel-bandel lagi, tapi beliau dengan sabar mengajari kami. bapak ini sudah meninggal beberapa tahun yang lalu, saya diberi tahu oleh dosen pembimbing karawitan saya ketika saya kuliah. semoga Allah memberikan pahala yang terus mengalir untuk beliau yang telah mengajarkan begitu banyak ilmu kepada kami, anak didiknya, aminnn.
2. Guru killer
guru wali kelas saya kelas 6 namanya pak roso (lupa nama panjangnya). ini guru yang masih muda dan cara mengajarnya extraordinary. jadi waktu itu kelas dibagi jadi kelompok-kelompok berdasarkan rangking. anak-anak yang rangking 1-5 masuk kelompok A, begitu seterusnya sampai rangking yang terakhir. trus beliau sering banget kasih soal mencongak, itu lohh yang dikasih soal satu satu tapi dibatesin waktu jawabnya hiiiyyy killer abis. belum lagi dia suka banget menghukum anak-anak yang soal jawabannya salah. anak-anak itu disuruh berdiri di kelas trus dilempar pake bola tenis, parahh kann. saking sebelnya sama guru ini, kami sekelas sering ngerjain dia, ya ngumpetin kunci motornya lah, nggambar mukanya trus kami tempel di papan tulislahh xixixi harap maklumm temen SD saya nggak kalah bandelnya sama sayaaaaa :p
3. teman bolos
wahh saya sih kalo bandel ya bandel aja sendiri tuhh, engga pernah ngajak-ngajak deh seinget saya. tapi kalo misalnya ada temen SD yang merasa saya provokasi buat bolos, saya minta maap yakk, engga ada niyat untuk menjerumuskan kok, meskipun bandel tapi hati saya baek kok (hoekkkk). saya sih dulu pas SD bolos kelas juga cuma karena bosen aja kok, maklumlah guru-guru jaman itu kan konvensional banget loh perasaan, ngajarnya begitu gituu aja, kurang variasi jadinya yaa anak didiknya kabur dehh ke UKS tidur-tiduran atau ke kantin, jajan hehehe
4. teman berantem
ada itu si ketua kelas saya yang jadi musuh abadi, kerjaannya berantem terus sama saya. bagaikan tom and jerry lah kami itu. kalo saya lagi lari, dijegalnya pake kakinya sampe saya jatuh terguling-guling berdarah-darah. akhirnya pernah suatu hari saking keselnya sama dia, kepalanya pernah saya pukul pakai map keras banget sampai dia kesakitan wekekekekkk rasainn.
5. Jajanan makanan/minuman favorit
banyaaaaakkkk tapi paling favorite sih ini :
 
krip krip