Langsung ke konten utama

gadis jeruk

novel 1
 
 gadis jeruk by joseph gaarder

cerita tentang anak laki2 yang tiba-tiba mendapat surat dari ayahnya yang sudah meninggal 11 tahun yang lalu. surat tersebut berisi kisah sang ayah dengan si gadis jeruk. waktu masih muda, si ayah bertemu dengan seorang gadis misterius yang membawa sekarung jeruk di bis kota, kemudian tidak sengaja menabraknya saat supir bis tiba2 mengerem kendaraan. sejak itulah sang ayah tidak bisa melupakan gadis jeruk tersebut. siapa dan bagaimana kisah si ayah dan gadis jeruk itu bisa dibaca di buku ini. 

sejak awal membaca buku ini, saya sudah bisa menerka siapa gadis jeruk yang dimaksud. buku ini juga mirip2 seperti buku tuesday with morrie, lebih ke perenungan seseorang yang memang mengetahui bahwa umurnya tidak akan panjang kemudian berusaha untuk membagi setiap pemikirannya ke dalam suatu tulisan kepada orang2 yang dikasihinya. well yahh sedih sih tapi juga sekali lagi jadi mengerti bahwa di dunia ini akan ada orang orang yang datang dan pergi dalam kehidupan kita. yang pergi akan selalu meninggalkan kenangan di hati kita dan karya2 mereka, itu akan abadi. dan suatu hari nanti tentu saja kita pasti akan pergi juga, it's only a matter of time. jadi setidaknya, bersyukurlah untuk saat ini, detik ini, karna kita masih diberi hidup dan hiduplah yang sebenarbenarnya karena besok, bisa jadi kita sudah tidak hidup lagi.


novel 2
 
madre by dee

masih dengan dewi lestari, buku ini berisi kumpulan cerpen dan puisi dengan tema yang bermacam2, ada tentang sahabat, Tuhan, ulang tahun dan tentu saja cinta. kalau madre sendiri adalah cerpen utama di buku ini, awal dari buku sekaligus mendominasi hampir sepertiga dari halaman buku ini. ceritanya memang unik yaitu tentang anak muda yang tiba2 saja mendapat warisan dari orang tionghoa yang tidak dikenalnya. ternyata orang tersebut adalah kakek yang tidak pernah dikenalnya. how come?? baca aja sendiri yaaa hehe :p. madre sendiri adalah sebuah adonan biang roti yang diperlakukan seperti makhluk hidup oleh orang2 di sekitarnya.

cerpen ini bagus karena mengangkat tema yang unik dan ada penghargaan pada sesuatu yang biasa disepelekan. yahh orang kan biasa nya menganggap remeh temeh barang2 tertentu dan sibuk mengurusi hal hal yang keliatannya hebring, sangar, fantastis. tapi dee malah mengangkat sebuah adonan roti yang ternyata sudah berumur puluhan tahun dan menjadi luar biasa. terutama karna tokoh disini adalah seorang pemuda yang menjunjung tinggi kebebasan sebagai identitas pribadinya, kemudian dibenturkan pada realitas yang tidak sepenuhnya dapat dia mengerti. yahh kadang-kadang kit amemang harus berdamai sama keadaan atau dengan kata lain berdama dengan diri kita sendiri.

i love reading :)



Komentar

Allisa Yustica Krones mengatakan…
Gadis jeruk itu pasti ibunya kan?? hehehe...

Iya, Dit, aku juga seneng nulis, seneng cerita soal keluargaku, karena aku tau aku gak bakal selamanya dengan mereka. At least, kalo aku pergi, mereka bisa mendapatkan kenangan tentang kami lewat tulisan2ku... *lho...kok jadi mellow yak??? :D*
mbak_tiyak mengatakan…
iyaaa waaahhh hebatt mama raja tebakannya benarr
so swit banget lahh buku2 ttg keluarga itu huuuwwww

Postingan populer dari blog ini

Setahun kemarin

Diujung jalan itu Setahun kemarin, Kuteringat, Kumenunggumu Bidadari belahan jiwaku Mei 2015 Udah cuti hampir 2 minggu di 38w kehamilan, tapi jabang bayi tak kunjung menampakkan tanda-tanda mau brojol. Inilah saya, si ibu hamil yang penampakannya udah kayak dugong tiap hari jalan hampir sekilo, jongkok-jongkok di kamar mandi, ngepel kayak inem demi mendapatkan kontraksi dan bukaan tapi apa daya, hasilnya nol kosong. Tiap ke dokter kandungan selalu dirogoh dan katanya :  “belum masuk panggul bu bayinya, tulang panggul ibu sempit nih”.  Hehh whatttt, pinggul segini gedenya kok bisa tulang panggulnya sempit, hufttt sungguh tidak matchingggg. Time is ticking dan bumil yang belum berpengalaman ini sungguh panik karena sampe 41w, jabang bayi masih belum masuk panggul. Sementara udah ada kayak pipis-pipis rembes dan dicek kontraksi udah 10 menit sekali. Dan yang paling bikin ngga tahan adalah bolak balik dicek dalem karena bidan, dokter mau mastiin udah masuk pang

ini mungkin yang dinamakan jodoh

hihihiii tiba tiba aja kepikiran buat nulis tentang cerita kami, saya dan oki suami saya. bagaimana kami saling tau, kenal, bertemu dan akhirnya kawin menikah. ceritanya lucu lo (promosi) dan kalau dipikir pikir sekarang...kok bisa ya..aneh ya..padahal kan dulu begitu ya..bagaimana mungkin tuh..yahh kalau kata orang sih namanya juga jodoh heheuu..

Berita kriminal

  Siapa yang akhir-akhir ini pusing karena sering denger berita kriminal???? *angkattangan* Saya itu dari dulu paling nggak seneng sama berita kriminal, eh sama kali ya semua orang juga gitu. Tapi bener-bener loh saya anti dengerin dan nonton tayangan tentang kriminal, mau di televisi, radio, koran, media online, apapun lah. Biasanya langsung tak matikan TVnya atau ganti channel/baca berita yang lain. Kebalikannya, ibu saya malah hobi bener nonton berita, terutama berita yang heboh-heboh apalagi kalau bukan berita kriminal, kecelakaan, kebakaran dll. Hedeh