Senin, 05 September 2011

mosquito

Dalam bahasa Inggris, nyamuk dikenal sebagai "Mosquito", berasal dari sebuah kata dalam bahasa Spanyol atau bahasa Portugis yang berarti lalat kecil. Penggunaan kata Mosquito bermula sejak tahun 1583. Di Britania Raya nyamuk dikenal sebagai gnats. (wiki)
gambar dari sini

gara2 si nyamuk nakal di rumah yang naudzubillah banyaknya, saya jadi penasaran sama si "lalat kecil" ini. setelah melakukan browsing browsing sana sini, ini adalah beberapa fakta tentang nyamuk yang mungkin berguna buat teman temin semuwa dan terutama sih untuk diri saya sendiri.

cekibrott

1.nyamuk, nyamuk apa yang suka menggigit?
 gambar dari sini

jika tiba tiba anda digigit nyamuk maka dapat dipastikan jenis kelamin nyamuk tersebut adalah betina alias wedok alias pere' alias cewe. pada nyamuk betina bagian mulutnya penghisap yang runcing dan panjang untuk menyedott darah manusia yang digunakan untuk sumber protein dalam pembentukan telur2nya. sedangkan nyamuk jantan bentuk mulutnya panjang dan berbulu (ewwww). jadi jadi, darah manusia itu bukan makanannya nyamuk (sumber dari pak wiki). dari fakta diatas juga disimpulkan bahwa nyamuk yang suka menyebarkan penyakit seperti malaria, demam berdarah dlsb juga adalah nyamuk betina.

2.nyamuk makannya apa?
ini pertanyaan yang berkecamuk dalam dada saya semalem (-.-)" ; lalu lalu kalo nyamuk enggak makan darah, makannya apa donk? dari berbagai sumber saya dapatkan bahwa makanan nyamuk adalah cairan nektar bunga, madu, buah dan cairan gula lainnya. jadi jangan heran jika anda mendapatkan nyamuk mengambang di mangkuk kolak atau makanan manis lainnya (hoek).
 
3.aw aw aw aku digigit nyamukk
 gambar diambil dari sini

mengingat nyamuk betina punya mulut penghisap, maka banyak dari kita mungkin menganggap bahwa proses pengambilan darah itu dengan metode ditusuk ato mirip suntikan begitu, padahal ternyata prosesnya adalah seperti pembedahan. jadi awalnya nyamuk mencari sasaran berdasarkan deteksi infra merah dan gas CO2 yang dikeluarkan makhluk hidup sehingga mampu menyensor gerakan, panas tubuh dan bau tubuh (mana yang jarang mandi :p). Sewaktu nyamuk hinggap di tubuh dia menempelkan mulutnya yang mirip sedotan disebut juga probosis. Lalu terdapat pisau yang merobek kulit kamu maju mundur, hingga menemukan urat darah, setelah itu baru darah yang ada di hisap.Setelah nyamuk kenyang dia akan mencabut probiosis dan terbang. proses ini berlangsung sangat cepat sehingga kesannya memang cuman kayak ditusuk aja gitu ya.

4.tel gatel kalo digigit nyamuk, kenapa?
Dalam proses pengambilan darah, nyamuk juga mengeluarkan air liur yang mengandung antikoagulan untuk mencegah darah yang dia hisap membeku. Air liur yang tertinggal di kulit kita akan merangsang tubuh layaknya ada benda asing yang mengganggu, terjadilah proses yang dikenal dengan alergi sehingga yang terjadi adalah bentol-bentol dan gatal.

3.ngiiiiiing ngiiiing suara nyamuk yang gengges abis
pernah gak mendengar suara nyamuk di telinga kita yang bikin gak bisa tidur semaleman dan jengkel setengah mati? ternyata oh ternyata itu tuhh bukan suara nyamuk loh, melainkan kepakan sayapnya yang menghasilkan getaran 200 - 300 Hz. nyamuk sendiri tidak dapat bersuara dan tidak dapat mendengar. jadi percumaaa, percumaa kalo kita maki2 si nyamuk :p

4.gimana donk caranya biar rumah bisa bebas dari nyamuk?
well, sebenarnya ada tidaknya nyamuk di suatu lingkungan merupakan indikator kebersihan lingkungan tersebut. jadi dari berbagai sumber yang saya dapatkan, tidak ada jalan lain untuk menghindari perkembangan nyamuk kecuali dengan memperbaiki kebersihan rumah dan lingkungan anda. perbaiki sirkulasi udara dan pencahayaan agar nyamuk tidak bersarang disitu. nyamuk menyukai tempat yang lembab dan gelap. yang tidak kalah pentingnya adalah perhatikan genangan air di rumah anda jangan sampai digunakan untuk perkembangbiakan telur2 nyamuk. kalaupun terdapat kolam dan taman sebisa mungkin kuras seminggu sekali dan masukkan bubuk abate untuk mencegah pertumbuhan telur nyamuk.

5.cara menghindari gigitan nyamyuk
kalau perasaan rumah udah dibersihin tapi nyamuk masih juga banyak gimana donks ya biar enggak digigitin nyamnyuk? well ada beberapa cara yang mungkin sudah biasa dipake tp ya saya tulis aja lah barangkali ada yang belum tau.
a. jangan menggantung baju di gantungan baju terbuka
kalau mau menggantung jaket atau baju, celana jangan terlalu lama, karena bisa dibikin sarang nyamuk
b. pasang kawat kassa/kawat nyamuk di lubang2 angin & kelambu
ini adalah cara untuk menghindari masuknya nyamuk ke dalam rumah
c. gunakan anti nyamuk
bisa yang lotion (tapi jangan dioles di wajah :D), bakar, semprot, elektrik meskipun konon katanya zat2 pembunuh nyamuk yang terkandung di dalamnya berbahaya bagi kesehatan manusia.
d. tanaman anti nyamuk
ada beberapa tanaman yang baunya tidak disukai oleh nyamuk seperti bunga geranium, lavender dlsb yang bisa ditanam untuk menghindari nyamuk, namun keefektifannya kurang dibandingkan anti nyamuk.
e. raket nyamuk
nahh ini dia nih yang menurut saya paling efektif untuk 'menakutnakuti' nyamuk. di rumah saya punya dua dan kalau malem selalu dipakai buat ngusir nyamyuk yang berkeliaran di kamar2 kami. jadilah tiap malem terjadi pembantaian nyamuk. oya raket nyamuk ini hanya membuat nyamuk menjadi pingsan sehingga setelah digunakan sebaiknya lantai disapu untuk mengusir nyamuk keluar dari kamar.

semoga bermanfaat infonya ^.^


8 komentar:

Lyliana Thia mengatakan...

Makasih infonya, Tya... aku udah lakuin cara2 diatas, tp masih aja banyak nyamuk berkeliaran... emang kebersihan lingkungan hrs menunjang sih... skrg ini lg kemarau kali dekat rumah airnya nggak ngalir... jadi deh nyamuknya udah kayak hutan.. T_T

ita mengatakan...

aku benci nyamuuukkkkk :D
paling ga tahan kalo ada nyamuk :(
makanya selalu sedia semprotan nyamuk. abis kalo raket tetep ada yg lepas. hiks

EnNO mengatakan...

Makasiii banget infonya.... Kalo aku biasanya pake anti nyamuk plus pasang kasa nyamuk di setiap ventilasi.... Tapi kadang masih adaaa aja satu dua nyamuk yang bikin gateeell pengen kutampar. hihihihihi

aditya mengatakan...

@jeng thia : emberrr sekarang ini kemarau jadi banyak nyamuk, eh tp bukannya musim ujan yg bikin banyak nyamuk #gtw deh pusing

@jeng ita : samaa aq juga benci banget kalo nyamuk nguing nguing di telingaku

@jeng enno : sama deh aq jg udah pake semua muanya tp masih bingung jg itu nyamuk masupnya dr mana yiaaa

Mrs. Nuki mengatakan...

Mba Adit...komplit banget deh ini reviewnya...hehehe, aku sekarang memilih disemprot aja pake anti nyamuk 1/2 jam sebelum tidur mba, cara yang lain dah dicoba tapi ga ampyuh...

aditya mengatakan...

iya anti nyamuk itu bagus sih ampuh juga tp suka nyesek di paru2, solusinya sih emang nyemprotnya beberapa jam sebelumnya ya biar gak terlalu menyengat

Allisa Yustica Krones mengatakan...

Infonya lengkap, Dit, keren! Di rumahku rasanya udah cukup bersih deh, kolam juga paling lama seminggu sekali dikuras, tapi emang gak dikasih bubuk abate sih...jadi pengen nyari, bubuk abate itu aman gak yah buat ikan, kan kesian dong kalo ikan2nya mati gara2 bubuk itu...

Tapi memang ku perhatikan, nyamuk tuh suka banyak di rumah kalo pas musim kemarau dan gak hanya di rumah kami aja tapi di setiap rumah di seluruh komplek :D

aditya mengatakan...

kalo kolam ada ikannya gak usah dikasih abate lis, yang banyak dijadiin tempat bertelur nyamuk itu air yang di bak2 gitu ato air genangan