Langsung ke konten utama

the mughal dynasti

buku2 yang baru saja saya baca nih tentang dinasti mughal di India yang berkuasa sampai abad ke 11. merupakan dinasti dengan wilayah kekuasaan yang sangat besar membentang dari sepanjang tanah hindustan hingga ke perbatasan persia serta afghanistan. kekaisaran dijalankan dengan hukum islam meski penduduknya beragama majemuk. selain islam, penduduk wilayah tersebut juga seorang hindu dan kristen.

dua buku yang saya baca judulnya Taj Mahal dan Mehrunnisa (silahkan dibaca reviewnya) menceritakan perempuan-perempuan tangguh pada masa itu. hampir2 mirip kayak baca empress orchid&last empress tapi latar belakang wilayahnya berbeda. ceritanya sih mirip-mirip jadi kaisar2 yang berkuasa pada masa itu adalah seseorang yang sangat amat berkuasa. ia memiliki banyak istri, selir, anak dan siapapun wanita yang ia ingini untuk bersamanya. wanita-wanita ini ditempatkan dalam suatu tempat dimana ia harus hanya tinggal disana saja sebagai ibu rumah tangga. persaingan para wanita untuk mendapatkan perhatian dan cinta dari Sang Kaisar adalah inti cerita dari buku-buku ini. setiap intrik, konflik serta gosip merupakan bagian dari persaingan tersebut. Ya, siapapun ingin berada di dekat Kaisar saat itu yang memiliki kekuasaan tak terbatas dan tertinggi di wilayah itu, berharap mereka dapat mencicipi sedikit kekuasaan dari kaisar, terutama para wanita Kaisar yang selalu ingin putra mereka menjadi putra mahkota kerajaan.

Kekuasaan memang seperti magnet yang menarik siapapun untuk mendekat dan misterinya selalu membuat orang terpikat padanya.
well, semoga saya tidak seperti itu ah semoga saya orang yang pas pas an aja sedang sedang saja biasa biasa saja, jika memang harus mendapat tanggung jawab berupa sedikit kuasa saya hanya berharap diberi kekuatan oleh Allah SWT untuk menjalankan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya.karena menurut pendapat saya dalam setiap kuasa itu terkandung suatu bentuk tanggung jawa. semakin besar kuasa seseorang maka semakin berat pula tanggung jawabnya, mesi sepertinya banyak orang ingin berkuasanya saja tanpa mau memikul tanggung jawabnya.

Namun jika memang belum diberi sebentuk kekuasaan yaaa sabar saja dan bukan mencari2 kekuasaan itu.
semoga Allah menganugerahkan saya selalu rasa cukup.
amin

Komentar

Unknown mengatakan…
mirip tunggul ametung yiaaa.. [asal ngomong mentang2 podo kerajaane.. hee]
mbak_tiyak mengatakan…
bukan yogh
ini kayak upin ipin
hesyeh

Postingan populer dari blog ini

Setahun kemarin

Diujung jalan itu Setahun kemarin, Kuteringat, Kumenunggumu Bidadari belahan jiwaku Mei 2015 Udah cuti hampir 2 minggu di 38w kehamilan, tapi jabang bayi tak kunjung menampakkan tanda-tanda mau brojol. Inilah saya, si ibu hamil yang penampakannya udah kayak dugong tiap hari jalan hampir sekilo, jongkok-jongkok di kamar mandi, ngepel kayak inem demi mendapatkan kontraksi dan bukaan tapi apa daya, hasilnya nol kosong. Tiap ke dokter kandungan selalu dirogoh dan katanya :  “belum masuk panggul bu bayinya, tulang panggul ibu sempit nih”.  Hehh whatttt, pinggul segini gedenya kok bisa tulang panggulnya sempit, hufttt sungguh tidak matchingggg. Time is ticking dan bumil yang belum berpengalaman ini sungguh panik karena sampe 41w, jabang bayi masih belum masuk panggul. Sementara udah ada kayak pipis-pipis rembes dan dicek kontraksi udah 10 menit sekali. Dan yang paling bikin ngga tahan adalah bolak balik dicek dalem karena bidan, dokter mau mastiin udah masuk pang

ini mungkin yang dinamakan jodoh

hihihiii tiba tiba aja kepikiran buat nulis tentang cerita kami, saya dan oki suami saya. bagaimana kami saling tau, kenal, bertemu dan akhirnya kawin menikah. ceritanya lucu lo (promosi) dan kalau dipikir pikir sekarang...kok bisa ya..aneh ya..padahal kan dulu begitu ya..bagaimana mungkin tuh..yahh kalau kata orang sih namanya juga jodoh heheuu..

Berita kriminal

  Siapa yang akhir-akhir ini pusing karena sering denger berita kriminal???? *angkattangan* Saya itu dari dulu paling nggak seneng sama berita kriminal, eh sama kali ya semua orang juga gitu. Tapi bener-bener loh saya anti dengerin dan nonton tayangan tentang kriminal, mau di televisi, radio, koran, media online, apapun lah. Biasanya langsung tak matikan TVnya atau ganti channel/baca berita yang lain. Kebalikannya, ibu saya malah hobi bener nonton berita, terutama berita yang heboh-heboh apalagi kalau bukan berita kriminal, kecelakaan, kebakaran dll. Hedeh